Suara Kader Sejati

Rabu, 13 Juli 2016

Sosok Malaikat Berjubah Hitam Dengan Tudung di Kepalanya

7 SUARA HATI - Malaikat berjubah hitam ini sering dikenal sebagai malaikat pencabut nyawa. Kematian adalah suatu kepastian yang akan terjadi pada setiap makhluk hidup. Tapi, tak ada satu pun yang tahu kapan ajal akan menjemputnya. Apabila saatnya tiba pun, kita tidak dapat mengelak dan tidak dapat menghindarinya.



Waktu berlalu kian cepat, mulai dari kelahiran, berkembang menuju anak-anak, remaja, dewasa, dan tua, hingga saatnya ajal menjemput. Tapi tak perlu menunggu hingga tua untuk kembali kepada-Nya. Sekarang ini, sudah banyak orang yang lebih muda sudah meninggal dunia. Hal ini dikarenakan manusia tidak dapat menghindari kapan ia akan dijemput oleh malaikat maut.

Malaikat maut datang bukan karena permintaan kita ataupun kemauan kita. Ia datang atas perintah-Nya. Bahkan ia datang tanpa kita sadari dan tiba-tiba kita menghadap Allah SWT. Dikisahkan dalam beberapa cerita bahwa malaikat maut menampakkan dirinya dengan sosok berjubah hitam dengan tudung di kepalanya. Terkadang ia ditampilkan dengan tongkat di tangannya. Dialah malaikat yang akan mencabut nyawa dan mengantarkan kita menuju alam kubur. Inilah sosok berjubah hitam yang dipercaya sebagai malaikat kematian.

Kuburan akan menjadi rumah kita setelah mati dan sebagai tempat bersinggah sebelum datang hari kiamat. Apakah kita akan mendapatkan nikmat atau adzab di dalam kubur? Hal ini tergantung bagaimana kita hidup di dunia, karena dunia adalah ladang untuk menabung segala bentuk kebaikan dan amal ibadah. Apabila di dunia kita tidak mengumpulkan bekal menuju akhirat maka saat di alam kubur pun kita sudah akan mendapatkan azab. Siksaan akan kita rasakan ketika di alam kubur jika tidak memiliki amal. Lantas bagaimana kita bisa membayangkan siksaan di neraka kelak?

Tak ada yang bisa menemani kita di dalam kubur. Disebutkan bahwa setelah 7 langkah keluarga atau saudara kita pulang dari pemakaman kita, maka akan datang dua malaikat penjaga alam kubur, yakni Munkar dan Nangkir. Akan ada beberapa pertanyaan mengenai siapa Tuhan kita, siapa Rasul kita, apa agama kita dan lain sebagainya. Meskipun pertanyaan itu terlihat sederhana dan muda, tapi jika kita tidak menginternalisasi agama dan ajaran Islam di dalam hati, maka menjawabnya bukan perkara yang mudah.

Bagi orang yang beriman, siksaan kubur sudah menjadi peringatan yang luar biasa, apalagi siksaan neraka. Mengingat siksaan yang akan mereka dapatkan saat di alam kubur dan neraka membuat mereka menjadi muslim dan muslimah yang sejati dimana keimanan dan ketaqwaan menjadi suatu hal yang penting di dalam hidup. Oleh karena itu, mereka berlomba-lomba melakukan kebaikan sebagai bekal di akhirat kelak sebelum sosok pencabut nyawa datang menjemputnya.

Betapapun panjang dan berat perjalanan yang kita lalui, harta yang telah kita cari sebanyak-banyaknya, persahabatan yang telah kita jaga sebaik-baiknya, persaudaraan yang telah terjalin, pada akhirnya semua itu akan kita tinggalkan. Hanya amal yang akan ikut bersama kita. Jadi, sejauh-jauhnya kita berjalan ke sana dan kemari tapi muaranya akan tetap pada ketiadaan. Mimpi didatangi orang berjubah hitam dapat menjadi suatu pertanda jika kematian semakin dekat.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita tahu bahwa kematian akan datang pada kita kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan melakukan berbagai ibadah dan amalan, tidak hanya wajibnya saja tapi banyak amalan sunnah yang bisa kita lakukan.


Sumber : www.kumpulanmisteri.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sosok Malaikat Berjubah Hitam Dengan Tudung di Kepalanya

0 komentar:

Posting Komentar